"SINYAL HP MENGGANGGU LEBAH?"

LONDON - Sebuah penelitian terbaru dari Inggris menunjukkan bahwa sinyal ponsel bisa mengakibatkan risiko kematian lebah madu. Benarkah?

Dr Daniel Favre yang memimpin penelitian ini meyakini bahwa sinyal ponsel menjadi salah satu faktor penyebab berkurangnya populasi lebah dunia dalam kurun 25 tahun terakhir. Demikian dilansir Daily Mail, Jumat (13/5/2011).

Diketahui, populasi lebah madu di Inggris berkurang hingga setengahnya dalam 25 tahun terakhir. Sementara, di Amerika Serikat, koloni lebah tiba-tiba menghilang di musim dingin.

Pada percobaan ini, tim peneliti meletakkan sebuah ponsel di bawah sarang lebah dan secara seksama memperhatikan reaksi lebah tersebut. Tim peneliti menemukan bahwa lebah bisa mengetahui jika ponsel menerima ataupun melakukan panggilan.

Sekira 20 hingga 40 menit setelah ponsel diaktifkan, lebah-lebah itu akan mengeluarkan lengkingan suara tinggi dan bergerak gelisah. Namun dua menit setelah panggilan telepon berakhir, gerakan lebah menjadi lebih tenang.

Meski penelitian itu tidak langsung membuktikan bahwa sinyal ponsel bisa membunuh lebah, Dr Favre berkeras gelombang elektromagnetik dalam sinyal ikut ‘berkontribusi’ dalam berkurangnya populasi lebah dunia. "Studi ini menunjukkan bahwa ponsel aktif membuat lebah terganggu, dan bisa memberikan efek dramatis," ungkapnya.

Namun para ahli lebah tidak serta-merta menyetujui analisa Dr Favre. "Ini sebuah studi yang menarik. Tapi studi ini belum membuktikan ponsel ikut bertanggung jawab atas hilangnya koloni lebah. Jika anda memukul sarang lebah, atau memeriksa sarang itu dengan membukanya, efek yang terjadi akan sama," jelas ahli lebah asal Inggris Norman Carreck.

so' hati2 dengan penggunaan ponsel anda walaupun belum sepenuhnya benar sinyal ponsel dapat berdampak negatif pada kehidupan anda

lebah aja mati bagaimana buat manusia pada jangka panjangnya???
Previous
Next Post »
Thanks for your comment