Jika Data "Black Box" MH 370 Terhubung Dengan Cloud



 Hilangnya Pesawat Malaysia Airline's  Kembali Memicu Perdebatan Tentang Perdebatan Tentang Pengiriman Data Dari Kotak Hitam Yang Berada Dalam Pesawat Ke Sistem "CLOUD"


26 negara turut mencapai pesawat Boeing 777 di kawasan hampir seluas Australia selama belasan hari . Hingga kini tanpa membuahkan hasil . Menurut Mark Rosenker , Mantan Ketua dewan keamanan Tranportasi Nasional AS , masa pencarian bisa di persingkat , jika saja data kotak hitam penerbangan MH370 terhubung dengan pusat data penyimpanan internet atau "CLOUD". 

"Ini adlah kedua dalam lima tahun , dimana kita harus menunggu hingga kotak hitam di temukan ," Ujar Rosenker, "Kita perlu memiliki konsep baru bagi investigasi  kecelakaan dengan teknologi yang ada pada abad 21 ,"

KETERBATASAAN TEKNIS DAN BIAYA 

Pakar penerbangan dan perwakilan industri penerbangan mengatkan , secara teknis harusnya tidak masalah untuk streming data rekaman penerbangan kepusat penyimpanan data atau "CLOUD" virtual . Tapi akan ada keterbatasan broadband dengan biaya tinggi jika hendak melengkapi pesawat tua dengan peralatan elektronik baru .

Sistem baru menejemen lalu lintas udara berbasis satelit yang diterapkan Amerika serikat , Asia dan Eropa dalam beberapa tahun kedepan akan memudah kan pelacakan pesawat terbang dan memonitoring sistem pesawat saat terbang . Tapi para pakar memperingatkan , akan butuh waktu setidaknya 10 tahun  hingga sistem tersebut digunakan di seluruh dunia 

Rosenker mengatakan,  untuk menghemat data dan cakupan frekuensi , para penyidik bisa menyepakati jumlah data yang tidak terlalu besar untuk di tranmisi . Data ini bahkan bisa di kirim secara interval dan tidak terus menerus straming 

ACARS LEBIH MURAH 

Sebagaian besar pesawat sudah memiliki sistem yang dikenal  sebagai Aircraft Communitacions Addressing and Reporting System (ACARS)  yang melaporka secara berjangka , baik melalui radio VHF  atau satelit, akan performa pesawat dan mesinnya . Ini bisa menjadi kemungkinan  lain para penyidik memperoleh data yang dibutuhkan .


<<< Data kotak hitam sangat dibutuhkan dalam misi pencarian pesawat Hilang 







Salah seorang wakil industri  penerbangan yang menolak disebutkan namannya mengatkan , sejak kasus MH370 ia memperkirakan akan ada reformasi dalam sistem tranmisi data dari pesawat ke "Darat" , Tapi sepertinya perusahaan penerbangan cenderung memilih untuk menambah jumlah data yang diterima dari sistem ACARS yang sudah ada , di bandingkan streaming data penerbangan.

"Biayanya terlalu mahal . Ada 93.000 penerbangan dalam sehari dan ada dua insiden dalam empat atau lima tahun ," Ujar Wakil Industri  yang tidak di beri ijin untuk berbicara kepada media sejak pencarian pesawat berlanjut .

 BIAYA PENCARIAN JUGA MAHAL 

Dimasa lalu , peruusahaan penerbangan memang beragumentasi bahwa kecelakaan terlalu jarang terjadi untuk menambah biaya pengeluaran bagi straming data rekaman penerbangan . Tapi menurut pakar Rosenker, biaya tersebut harus di bandingkan dengan biaya pencarian MH370 saat ini .

"Lihat apa yang terjadi sekarang ,kita kehilangan pesawat 777 dan lebih dari 200 orang . Angkatan laut dan pesawat dari seluruh dunia mencari pesawat ini . Biaya tersebut juga tidak murah ", Tandasnya 


Previous
Next Post »
Thanks for your comment