Mentimun Bisa Obati Kanker





Mentimun atau ketimun bukan jenis sayur yang sulit dijumpai. Bahkan harganya pun sangat murah sehingga kadang orang kurang menyadari betapa besar manfaat mengonsumsi buah ini. Kandungan air dalam mentimun tinggi, sehingga baik dikonsumsi dalam cuaca yang panas untuk menghindari dehidrasi.

Tak hanya itu, ilmuwan juga menemukan manfaat lain dari mentimun yang disebut dapat membantu mengatasi penyakit kanker. Apa rahasia yang dikandung mentimun sehingga membantu dalam penyembuhan penyakit kanker? Boldsky melansirnya seperti berikut ini:

Getah pahit

Getah yang terasa pahit di kulit mentimun ternyata dikontrol oleh dua zat genetik bernama Bi dan Bt. Kedua zat tersebut mengandung manfaat pengobatan yang hingga saat ini sedang coba diidentifikasi dan direplika oleh ilmuwan, untuk dipergunakan sebagai obat.

Cucurbitacin

Sembilan gene diidentifikasi menjadi bagian dari cucurbitacin. Zat ini adalah bahan yang paling efektif di dalam ketimun, menjadi obat untuk kanker dan diabetes.

Lignan

Lignan adalah nama zat aktif dalam mentimun. Bagian dari ligan, bernama pinoresol, sangat bermanfaat dalam upaya mengobati dan menghambat tumbuhnya sel kanker darah atau leukemia.

Selain kanker, penderita diabetes juga dianjurkan mengonsumsi ketimun sebab ada bahan bernama saponin yang berfungsi merangsang produksi insulin. Ini baik agar kadar gula darah tak meningkat dengan cepat. Dengan catatan bila Anda adalah penderita darah rendah, baiknya membatasi asupan mentimun sebab dapat membuat tekanan darah Anda drop.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment