Cara Instal Netframework di Windows 8

Setelah kita selesai menginstal windows 8 atau 8.1, biasanya yang kita lakukan adalah menginstall beberapa software pendukung lainnya yang dibutuhkan. Ketika ingin mengintal software pendukung, sering kita temui beberapa software meminta untuk diinstalkan .NET Framework

Secara default windows 8 ataupun windows 8.1 sebenarnya sudah terinstall .NET Framework 4.5. Tetapi beberapa aplikasi memerlukan versi spesifik dari .NET Framework, misalnya seperti .NET Framework 3.5.. Yang kita perlukan adalah DVD installer windows tersebut, jadi tidak memerlukan koneksi internet (offline)., berikut untuk tutorial nya 

1. Masukan terlebih dahulu CD/DVD installer windows 8/8.1. Jika kamu memiliki file ISO-nya, bisa langsung di-mount saja. Fitur .NET Framework 3.5 ini terdapat pada folder D:\sources\sxs. (D adalah drive tempat DVD windows di-mounting)



2. Kemudian cari program command prompt, lalu buka menggunakan Run as administrator.



3. Setelah terbuka jendela commend prompt, jalankan perintah Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:D:\sources\sxs /LimitAccess, lalu tekan Enter (D adalah drive tempat DVD windows di-mounting). Tunggulah prosesnya beberapa saat.



4. Setelah selesai prosesnya, akan ada notifikasi The operation completed successfully.




5. Untuk mengecek apakah .NET Framework 3.5 sudah terinstall atau belum, Anda bisa membuka Windows Features. Buka Control panel > Programs, lalu klik Turn windows features on or off.



Setelah itu akan terbuka jendela Windows Features. Disini kamu akan melihat pada opsi .NET Framework 3.5 sudah ada cekbox-nya, ini menandakan .NET ramework 3.5 sudah terinstal.



Sangat mudah yah cara mengaktifkannya. Sekarang kamu bisa mengisntall aplikasi apa saja yang memerlukan dukungan dari .NET Framework 3.5.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
rio
admin
Sat Mar 14, 08:44:00 AM ×

wah ternyata , di masternya ada paket nya net framework , baru tahu saya :D
maksih infonya min

Reply
avatar
Ardi
admin
Sun Mar 22, 11:30:00 AM ×

oke :) makasih atas kunjungannya

Reply
avatar
Thanks for your comment