Mengenal Cara uninstall program aplikasi komputer


Ada saatnya, Anda memerlukan software atau program tertentu, namun komputer Anda belum memilikinya. Bisa juga Anda mendapatkan sebuah file yang hanya bisa dibuka dengan program tertentu. Nah, Anda perlu menginstal sendiri program aplikasi tersebut. Demikian juga sebaliknya, Anda sudah tidak memerlukan program tertentu dan ingin menghilangkan aplikasinya dari komputer untuk menghemat harddisk Anda.
Cara menginstal program aplikasi computer  sangat mudah. Prinsipnya Anda tinggal mempersiapkan file installer-nya, baik dari CD/DVD, flashdisk, atau dari harddisk Anda. Bisa juga Anda mendownload file installer program aplikasi gratis tertentu terlebih dahulu di internet.

Untuk membuang instalasi atau Uninstall, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan :

·                     Dari fitur Add/Remove Programs di Windows Anda.
·                     Dari menu Uninstall program terkait di Start menu.
·                     Dari software bantu untuk uninstall (biasanya dibutuhkan hanya jika program tidak bisa dibuang dengan cara-cara sebelumnya).

Berikut adalah langkah-langkah standar untuk menginstal program komputer:

1.                  Buka Windows Explorer / My Computer, lalu temukan lokasi file installer (apakah di CD, di harddisk, dan sebagainya). Khusus untuk file installer CD, biasanya program instalasi akan langsung berjalan begitu CD dimasukkan ke drive. Jika tidak, maka Anda temukan lokasinya dengan Windows Explorer.
2.                  Klik dua kali file installer (biasanya berkestensi .exe dan dengan gambar ikon tertentu).
3.                  Tahapan instalasi biasanya cukup Anda selesaikan dengan menekan tombolNext dan Next hingga selesai. Biasanya di tahapan tersebut Anda diminta menyetujui EULA atau User Agreement, menentukan lokasi instalasi, dan menentukan opsi pembuatan ikon-ikon shortcutnya di desktop dan start menu.
4.                  Jika tahapan selesai, program biasanya akan dijalankan secara otomatis untuk pertama kalinya. Jika tidak, Anda dapat memeriksa dan menjalankan secara manual melalui menu Start All Programs > nama program (program yang baru saja diinstal biasanya diberi highlight atau warna latar kuning).

Adapun langkah membuang instalasi program / Uninstall adalah sebagai berikut :

1.                  Klik menu Start > All Programs > nama program > Uninstall.
2.                  Jika tidak tersedia pilihan menu Uninstall di kelompok program tersebut, maka buka Start Control Panel Add/Remove Programs atau Program and Features (tergantung versi Windows Anda).
3.                  Pada daftar program terinstal yang ditampilkan, pilih nama program yang akan Anda buang.
4.                  Klik tombol Uninstall dan tunggu proses penghapusan dijalankan.
5.                  Jika berhasil, maka nama program akan hilang dari daftar program.
6.                  Jika program gagal dan tidak mau dibuang via cara di atas, maka Anda perlu menggunakan software pihak ketiga untuk membantu uninstalasinya.
7.                  Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan CCleaner. Download tool ini dihttp://www.piriform.com/ccleaner/download lalu install.
8.                  Setelah terinstal, jalankan CCleaner, lalu klik menu Tools Uninstall, pilih nama program. Klik Run Uninstaller dan tunggu hasilnya. Jika masih bandel, klik Delete Entry.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Ardi
admin
Sat Mar 22, 07:07:00 AM ×

Maksih juga gan telah berkunjung di blog syaa :)

Reply
avatar
Thanks for your comment