Istilah Dalam Nama Domain

Nama domain adalah nama unik yang biasanya dipakai oleh sebuah web atau blog untuk mempermudah pengguna internet mengakses sebuah website atau blog yang ada di dunia maya/internet.

Nama domain juga untuk mempermudah pengguna internet tanpa perlu mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Ada beberapa istilah yag dipakai untuk nama domain diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Aktive: Nama domain Aktif adalah domain yang statusnya sudah aktif dan sudah dimiliki oleh orang lain(sudah teregister atas nama orang lain). Sudah ada pemilik nama domain yang sah.

2. Registry-Lock: Domain ini dalam keadaan terlock atau terkunci. Dimana orang yang meregisterasikan(tempat kita beli domain) domain ini mengunci domain sehingga pemilik domain sendiri tidak bisa memodif/merubah settingan domain.

3. Registrar-Lock: Domain ini dalam keadaan terkunci. Dikunci oleh tempat/orang yang meregistrasikan domain tersebut. Dalam keadaan ini domain tidak bisa di ubah/modifikasi settingannya dan juga tidak bisa di delete.

4. Registry-Hold: Domain sedang dalam keadaan terkunci dan domain tidak dapat di hapus atau pun dimodifikasi sebelum status Registry-Hold dihapus.

5. Registrar-Hold: Domain telah masuk masa expired dan tidak bisa untuk dipergunakan lagi. Tapi pada status Registrar-Hold ini domain masih bisa di perpanjang dengan harga normal. Lama masa Registrar-Hold sendiri adalah 40 hari setelah masa aktif domain habis.

6. Redemptionperiod: Domain yang sudah tidak bisa diperpanjang lagi dan harus direstore atau perpanjangan masa domain dengan harga 10x harga normal domain. Biasanya masa Redemptionperiod adlah 30 hari.

7. Pendingrestore: Masa dimana pihak register atau pemilik domain meminta atau mengajukan permohonan perpanjangan kembali domain. Biasanya pada tahap ini diberikan waktu 7 hari untuk pemilik ataupun pihak yang meregister untuk melunasi pembayarannya. Dan harga yang harus ditebus biasanya lebih mahal dari harga domain biasanya.

8. PendingDelete: Proses dimana domain menunggu penghapusan lama masa proses ini adalah 5 hari. dan domain sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

9. Available: Domain tersedia untuk di daftar oleh siapa saja dan dimiliki oleh siapa saja.

Kalau beli domain saya pikir hal ini harus dan wajib diketahui oleh semua calon pembeli jangan nanti kelabakan waktu kejadian yang diluar dugaan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment