5 Serangan Hacker Yang Mengejutkan

Kasus yang menimpa sejumlah selebritas Hollywood di 4chan danReddit mengingatkan dunia kembali akan bahaya peretas. Sedianya di masa lalu ada sejumlah kasus yang tak kalah mengejutkan. Ini lima diantaranya.



1. Tiga tahun tanpa henti

Pada tahun 2003, China diduga kuat lancarkan serangan cyber tanpa henti ke AS yang disebut dengan sebutan ‘Titan Rain’. Serangan tersebut berlangsung selama tiga tahun tanpa jeda.

Meski belum bisa dipastikan apakah pelakunya individu atau disponsori negara, sasaran serangan mengancam sejumlah lembaga dan institusi genting. Misalkan saja NASA, Lockheed Martin, dan, Sandia National Laboratories. Titan Rain juga menyerang negara lain yakni Inggris.

2. Lumpuhnya Estonia

27 April 2007, serangan cyber besar-besaran melanda Estonia. Sejumlah sasaran empuk dibidik seperti institusi, lembaga, parlemen, kementerian, hingga media masa. Serangan yang ada sejenis distributed denial of service dengan beragam metode.

Meminjam istilah Prabowo, serangan waktu itu disebut ‘terstruktur, sistematis, dan masif’. Tidak sedikit yang menduga serangan itu didukung oleh negara, yang mana waktu itu Rusia dituding pihak paling bertanggungjawab.

3. Jangkit fasilits nuklir

Kejadian ini terjadi pada tahun 2010. Sebuah virus komputer menyasar fasilitas nuklir Iran. Stuxnet, virus yang dimaksud masuk ke sistem dan lakukan perubahan secara diam-diam serta perlahan tanpa timbulkan kegagalan sistem.

Dideteksi sebagai worm biasa, Stuxnet targetkan sistem khusus Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). SCADA dipakai untuk mengendalikan pipa, pembangkit listrik tenaga nuklir dan perangkat manufaktur lain.

4. ‘Menyambar’ data ‘menguping’ komputer

Pada tahun 2012, Iran dibombardir serangan cyber sangat ganas dan canggih yang dinamakan Flame diduga turunan Stuxnet. Serangan itu menyasar komputer perusahaan di sektor minyak.

Virus tersebut dikenal miliki kemampuan yang belum dijumpai di masa lalu. Flame mampu ‘menyambar’ setiap data dan ‘menguping’ di userkomputer terjangkit.

5. Hack komputer militer terbesar sepanjang masa

Adalah Gary McKinnon peretas asal Inggris yang menyerang 97 ribu komputer milik NASA dan militer AS. Ia lakukan itu selama 13 bulan antara Februari 2001 hingga Maret 2012 di London, Inggris.

Hingga hari ini kasusnya belum usai. Gary McKinnon menurut otoritas AS menghapus sejumlah file penting dan mematikan 2.000 komputer militer selama 24 jam.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment