Sumber Kalsium Selain Susu

Kalsium dibutuhkan oleh semua orang demi kesehatan tulang dan gigi serta beberapa manfaat lainnya. Namun tak semua orang menyukai susu, sebagai salah satu sumber kalsium, karena berbagai alasan. Bisa juga disebabkan alergi, seseorang tak boleh minum susu.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya, maka ia harus memperoleh dari sumber lainnya. Jangan khawatir bahwa sumber kalsium itu tak mampu mencukupi atau lebih rendah dari kalsium susu. Dengan konsumsi teratur maka kebutuhan harian kalsium Anda sudah bisa dipenuhi dari makanan ini, lho. Berikut ini sumber kalsium lain untuk Anda:



  • Brokoli. Tahukah bahwa kalsium dalam 1 gelas susu kurang lebih sama jika Anda konsumsi 1 mangkuk sayur berbentuk mirip bunga kol ini. Apalagi jika ditambah beberapa lembar sayur bayam, pastinya kebutuhan kalsium Anda tercukupi.
  • Kacang .Aneka jenis kacang semisal almond, hazelnut, kedelai, dan lainnya juga kaya kalsium. Jadikan jenis kacang ini sebagai camilan, dan Anda tak perlu khawatir kekurangan kalsium lagi.
  • Ikan. Selain enak, ikan pun mempunyai kandungan kalsium tinggi. Ada pula asam lemak omega 3, dan berbagai mineral yang baik untuk tubuh. Per porsi 100 gram ikan, ada 200 mg kalsium di dalamnya.
  • BuahJangan sangka bahwa buah tak punya kalsium di dalamnya. Ada jeruk, yang dalam 1 butirnya memiliki 75 mg kalsium. Minum air jeruk tiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium Anda. Juga beberapa jenis buah lain yang kaya vitamin dan mineral pula.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment