Tips Berbisnis Lewat Pinterest

Pinterest dianggap sebagai ‘momok’ untuk tempat berpromosi di media sosial, meski sebenarnya Pinterest menyimpan potensi pasar yang besar, yaitu kaum hawa yang dikenal hobi berbelanja.

Dengan banyaknya foto produk yang berseliweran, industri penghasil barang memiliki potensi yang besar untuk berkembang di Pinterest. Banyaknya foto liburan juga membuka peluang bagi usaha yang bergerak di bidang jasa traveling untuk berpromosi.

Jika target pasar Anda ada di Pinterest, simak tips berikut agar sukses berbisnis di Pinterest, :

1. Traffic langsung
Pinterest memiliki fitur untuk mencantumkan tautan langsung menuju situs atau blog bisnis Anda. Setiap pin atau re-pin yang Anda post dapat berisi tautan yang Anda inginkan. Selalu siapkan tautan yang tersambung ke situs Anda dan manfaatkan fitur ini sebaik-baiknya dengan mengisi keterangan foto yang memancing pengguna untuk mencari info lebih lanjut di situs Anda.

2. Siapkan board yang sesuai
Isilah board yang telah Anda siapkan dengan pin yang relevan dengan bisnis Anda. Anda juga dapat me-repin gambar orang lain untuk meningkatkan variasi isi board Anda, namun jangan lupa untuk memperbanyak pin orisinil di board yang Anda miliki. Anda juga dapat membuat beberapa board sekaligus yang dapat berfungsi sebagai kategori untuk produk Anda.

Banyak pengguna internet yang menggunakan Pinterest untuk mencari produk yang mereka inginkan sambil mencari produk lain yang serupa. Apabila Anda menyusun board Anda dengan baik, para pengguna akan lebih nyaman dalam mem-browsing seluruh produk buatan Anda.

3. Waktu
Sama halnya dengan promosi lewat media sosial lain, sediakan waktu yang konsisten untuk meng-update board Anda. Jangan hanya login sesekali, pasang pin sebanyak-banyaknya lalu menghilang selama beberapa hari. Lingkungan Pinterest yang sangat dinamis dapat menenggelamkan bisnis Anda apabila tidak diperlakukan dengan baik. Tentukan jadwal update Pinterest di sela-sela waktu yang Anda khususkan untuk berpromosi.

4. Integrasi
Tambahkan tombol “Pin-it” di situs Anda agar para pengguna Pinterest dengan mudah dapat memasang foto produk Anda di board mereka. Hal ini penting karena produk Anda mendapat kesempatan promosi gratis dan mungkin saja akan menjadi viral.

5. Info produk yang jelas
Banyak pengguna yang terlalu fokus terhadap foto yang cantik sehingga lupa bahwa deskripsi pin juga penting untuk diisi. Isilah deskripsi yang semakin memperkuat pin Anda sehingga mereka tertarik untuk mengetahui produk Anda lebih jauh. Jangan sampai mereka mengagumi pin Anda lalu berminat membeli, namun akhirnya menemui jalan buntu hanya karena Anda tidak mencantumkan kegunaan produk, harga, persyaratan tertentu, alamat situs dan info penting lainnya.

Meski belum lazim digunakan sebagai wadah promosi di media sosial, dengan sedikit kreativitas Pinterest dapat menjadi tempat yang potensial untuk mengembangkan bisnis Anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment