Quraish Shihab Klarifikasi Soal Rasul


Quraish Shihab mendapat kecaman dari beberapa pihak. Hal ini dipicu oleh komentarnya dalam tayangan Tafsir Al-Misbah Metro TV yang ditayangkan pada 12 Juli lalu. Saat itu, Quraish Shihab sempat mengungkapkan bahwa Rasulullah tidak dijamin masuk surga.


Mengenai pernyataannya tersebut, Quraish Shihab pun langsung memberikan klarifikasi dan penjelasan lebih lanjut melalui website resminya di quraishshihab.com.


“Uraian tersebut dalam konteks penjelasan bahwa amal bukanlah sebab masuk surga, walau saya sampaikan juga bahwa kita yakin bahwa Rasulullah akan begini (masuk surga),” ungkapnya.

Quraish Shihab juga mengutip salah satu hadist yang berbunyi: Tidak seorang pun masuk surga karena amalnya. Sahabat bertanya, ‘”Engkau pun tidak?” Beliau menjawab, “Saya pun tidak, kecuali berkat rahmat Allah kepadaku.


“Ini karena amal baik bukan sebab masuk surga tapi itu hak prerogatif Allah,” ujar Quraish Shihab.

“Uraian di atas bukan berarti tidak ada jaminan dari Allah bahwa Rasul tidak masuk surga, saya jelaskan juga di episode yang sama bahwa Allah menjamin dengan sumpah-Nya bahwa Rasulullah SAW akan diberikan anugerah-Nya sampa beliau puas, yang kita pahami sebagai Surga dan apapun yang beliau kehendaki.”

Mantan Menteri Agama tersebut juga mengungkapkan bahwa penjelasannya telah dipelintir sehingga menyebabkan kesalahpahaman.


“Itu yang saya jelaskan tapi sebagian dipelintir, dikutip sepotong dan di luar konteksnya. Silakan menyimak ulang penjelasan saya di episode tersebut. Mudah-mudahan yg menyebarkan hanya karena tidak mengerti dan bukan bermaksud memfitnah,” tutupnya.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
rendra.com
admin
Wed Jul 23, 02:41:00 PM ×

ini dia orang yang selalu kontroversi

Reply
avatar
Ardi
admin
Mon Jul 28, 05:37:00 PM ×

hehehe ,
makasih gan atas kunjungannya

Reply
avatar
Thanks for your comment