Cara Memilih Kartu GSM Internet Cepat dan Murah


     Moden CDMA/GSM pasti tak lepas dari SIM Card yang menancap di dalamnya. Koneksi internet cepat adalah hal mutlak yang kita inginkan bersama, jika Modem bagus namun SIM card tidak mendukung, maka hal ini akan menghambat kinerja Anda. Begitu pula sebaliknya jika koneksi ISP (Internet Service Provider) sudah mumpuni namun Modem tidak, maka hal tersebut juga akan membuat tidak nyaman saat berselanjar di dunia maya.

Saat ini ada 3 provider internet terbesar di Indonesia seperti Telkomsel (Halo, Simpati dan AS), Indosat (Mentari, IM3, Matrix) dan XL (XL-Bebas, XL-Ku, dll) yang hadir untuk menawarkan berbagai macam fitur paket internetnya. Maka dari itu berikut ini tips dan trik bagaimana memilih provider yang tepat untuk berinternet.


Pertimbangkan Harga

Tak dapat dipungkiri bahwa faktor utama dalam mencari sesuatu barang ialah faktor harga. Saat ini banyak sekali promosi yang ditawarkan provider, namun hati-hati jangan mudah tergoda. Biasanya promosi yang ditawarkan tidak sesuai dengan yang akan Anda dapatkan. Namun itu semua tergantung pilihan Anda, mau yang murah tapi sering trouble atau yang mahal namun cepat koneksinya, itu juga belum menjamin. Setiap konsumen berusaha sebisa mungkin mendapatkan paket internet termurah, namun kalo murahan juga percuma.

Lokasi Keberadaan 

Jika Anda telah membeli modem dan yang pas namun masih saja sinyal yang di dapat sedikit maka perlu Anda curigai adalah daerah tempat koneksi. Cobalah Anda bawa keluar atau ke tempat yang ramai, jika koneksi menjadi oke, maka itulah yang menjadi kendala. Tidak semua tempat dapat dijangkau oleh jaringan provider, jika hal tersebut terjadi maka otomatis modem akan menurunkan koneksinya dan menjadikan internet semakin melambat. Jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya Anda memilih provider yang memiliki jaringan 3G yang kuat di daerah anda.

Kecepatan Internet

Modem yang banyak beredar saat ini cenderung memiliki kecepatan transfer data antara 3,6 Mbps sampai dengan 7,2 Mbps. Dapat diartikan kecepatan transfer modem dan BTS adalah 3,6 atau 7,2 Megabytes/second. Tetapi jangan Anda terlalu senang dulu, karena biasanya pada realitanya Anda mendapatkan kecepatan yang lebih kecil dari yang dijanjikan.

Berikut ini kecepatan internet yang di janjikan masing-masing provider:

  1. Kecepatan internet Telkomsel (Kartu Halo, Simpati, Kartu AS) kecepatan internet sampai dengan 14,4 Mbps
  2. Kecepatan internet Indosat (Matrix, Mentari, IM3) kecepatan internet sampai dengan 42 Mbps
  3. Kecepatan internet XL (XL Bebas, XL-Ku, dll) kecepatan internet sampai dengan 7,2 Mbps


Masing-masing provider memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing maka diharapkan Anda lebih bijak dalam memilih provider yang tepat untuk kegiatan berinternet Anda.

Menurut penulis sendiri, menggunakan ISP berbasis sinyal (non kabel) yang terpenting adalah koneksi yang stabil, biarpun tidak maksimal pada kecepatan yang seharusnya, namun bila stabil itu sudah lumayan bagus, harap diperhatikan bahwa semua provider menggunakan kata ‘Upto’ sekian mb per second, namun pada realitanya penulis belum pernah melihat hingga kecepatan maksimal.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment