Nasa Uji coba Parasut Untuk Misi Mars




NASA mengembangkan teknologi yang digunakan untuk misi luar angkasa masa depan. Sebuah parasut khusus telah dibuat untuk mendaratkan robot rover ke Mars dan kini memasuki tahap uji coba.

Dilansir Cbc, Minggu (29/6/2014), sebuah objek berbentuk mirip mangkuk merupakan kendaraan yang dibuat NASA untuk mendaratkan rover ke Mars. Untuk mengangkat objek bernama Low Density Supersonic Decelerator ini, badan antariksa menggunakan 120 ribu balon dari pulau Hawai, Kauai.

Low Density Supersonic Decelerator diterbangkan pada ketinggian tertentu dan dijatuhkan di atas Samudera Pasifik. Objek ini memiliki sistem pengereman atau didukung parasut untuk memperlambat kecepatan jatuh menuju permukaan.

"Apa yang kami saksikan ialah percobaan yang benar-benar baik," kata teknisi NASA, Dan Coatta dengan Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California. Kabarnya, Low Density Supersonic Decelerator diterbangkan hingga ketinggian 50 kilometer.

Ketinggian ini menyerupai atmosfer Mars yang tipis. Parasut yang dipakai pada kendaraan ini memiliki ukuran dua kali lipat lebih besar dibandingkan yang digunakan rover Curiosity
Previous
Next Post »
Thanks for your comment