4 Efek Buruk dari tidur setelah sahur bagi kesehatan



Kebanyakan orang kerap tidur setelah sahur. Padahal kebiasaan tidur setelah makan memberi efek buruk bagi kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Peningkatan berat badan

Tidak peduli berapa banyak makanan yang dimakan, berat badan bisa membengkak setelah Anda tidur setelah sahur. Sebab tubuh tidak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi.

2. Heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung. Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung yang bisa naik dari lambung sampai ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.

3. Refluks asam

Refluks asam terjadi ketika katup antara perut dan esofagus tidak tertutup secara sempurna. Hal tersebut bisa terjadi ketika tubuh sedang berbaring. Akibatnya, asam dari lambung naik ke tenggorokan. Kondisi ini tentu membahayakan, terutama bagi penderita maag.

4. Stroke

Efek buruk berikutnya dari tidur setelah makan sahur adalah meningkatkan risiko stoke. Menurut sebuah penelitian, kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke. Sementara teori lain mengatakan kalau sistem pencernaan yang tak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang meningkatkan risiko stroke.

"Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur, sebaiknya diatur saja minimal 2 jam setelah makan sahur baru tidur," saran Pramono seperti dituliskannya di grup facebook Gerakan Sadar Gizi.

Itulah berbagai efek buruk dari tidur setelah sahur bagi kesehatan. Masih mau tidur setelah sahur?
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Hendra
admin
Mon Jul 07, 08:20:00 PM ×

wao gak nyangka saya ,

Reply
avatar
Thanks for your comment