Google Hapus Tautan Wikipedia

Wikimedia, yayasan yang menaungi situs ensiklopedia Wikipedia, merilis laporan transparansinya kemarin (6/8/14).

Laporan tersebut menampilkan sederet permohonan penghapusan artikel, permintaan data pribadi pengguna yang diajukan oleh pemerintah dan perusahaan, serta 57 tautan yang dihapus oleh Google berkenaan dengan peraturan “hak untuk dilupakan” dari Uni Eropa.

Menurut Wikimedia, beberapa dari permohonan tersebut sah secara hukum dan ada pula yang tidak.

Dilansir dari Venture Beat, Wikimedia sendiri yang akan menentukan secara pribadi kategori dari permohonan yang dilayangkan kepadanya.

Keputusan Wikipedia tidak jarang memunculkan kejadian lucu, seperti foto selfie monyet yang ditolak penghapusannya oleh Wikipedia.

Menurut Wikipedia, foto itu dianggap diambil oleh si monyet sehingga pemilik kamera tidak memiliki hak cipta atas foto selfie unik tersebut.

Wikimedia juga mempublikasikan seluruh tautan yang dihapus oleh Google berdasarkan aturan “hak untuk dilupakan” dari Uni Eropa.

Salah satu tautan tersebut berasal dari situs Wikipedia berbahasa Inggris, dua dari situs Wikipedia berbahasa Italia dan 53 lainnya dari situs Wikipedia berbahasa Belanda.

Hukum Uni Eropa tentang “hak untuk dilupakan” diduga akan menyebabkan banyaknya artikel-artikel lain di internet yang akan diminta untuk dihilangkan selamanya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment