Pipis Sembarang Bisa Masuk You Tube

Di sekitar kita, buang air kecil sembarangan mungkin adalah hal lumrah. Mungkin Anda pernah menjumpai orang lakukan itu di lokasi-lokasi tertentu. Misalkan di gang sepi atau di bawah pohon. Di benua biru Eropa, Ceko terapkan kebijakan terobosan agar pelaku pipis sembarangan jera. Jika nekat lakukan itu, aksi nakalnya akan masuk ke Youtube.

Sedianya ini adalah persoalan moral dan disiplin. Jika warga sadar akan kepentingan bersama, maka budaya ‘pipis dimana saja’ juga tak akan tumbuh. Masalah sosial ini umumnya jadi satu problematika klasik di ibukota.

Khususnya di Ceko, masyarakat di negeri bagian tengah Eropa itu miliki kesadaran rendah untukbuang air kecil di toilet. Pihak terkait pun telah lakukan beragam cara guna mengatasinya. Salah satunya dengan menempel peringatan ancaman penjara.

Laiknya di Indonesia, peraturan dibuat untuk dilanggar. Capek menempel larangan, para regulator menggodok aturan sederhana namun miliki efek jera tinggi. Bagi mereka yang tertangkap, siap-siap saja akan jadi ‘artis’.


“Silakan pipis sembarangan, Anda akan terkenal,” tulis aturan itu.

Secara sederhana, bagi siapa saja yang kedapatan lakukan tindakan itu akan terekam kamera dan bakal tersiar di Youtube. Meski demikian tidak ada keterangan resmi seberapa banyak warga Ceko yang jadi korban regulasi itu
Previous
Next Post »
Thanks for your comment